Seni sebenarnya sudah melekat pada dunia anak. Ketika orangtua memberikan pensil atau krayon dan memberikan contoh untuk menggambar, anak akan meniru coretan tersebut. Walau kadang rumah menjadi berantakan dengan berbagai alat mewarnai dan coretan, mengajarkan seni membantu mengembangkan keterampilan anak dan mengajari anak berbagai hal.

Dengan mengikuti ekstra kurikuler art, manfaat yang bisa dirasakan anak antara lain Mengembangkan kreativitas, meningkatkan konsentrasi dan disiplin, belajar mengekspresikan diri dalam mengerjakan karya seni dan membangun kerja sama dan tanggung jawab

Pernah terbayang anda saat masih usia kanak-kanak dahulu pernah mengendarai kuda. Saya yakin anda pasti pernah hanya saja di damping oleh pak kusir yang sedang bekerja (naik delman). Namun tahukah anda belakangan ini olahraga berkuda kini makin ramai ditawarkan di sekolah-sekolah bergensi sebagai kegiatan ekstra kurikuler. Malahan ada juga loh tawaran kursus privatnya untuk anak-anak usia pendidikan dasar bahkan untuk usia balita.

Sekilas jika kita perhatikan, olahraga berkuda cenderung hanya melatih fisik anak saja. Namun jika kita telisik lebih jauh ternyata lebih dari itu, olahraga berkuda juga dapat melatih mental dan konsentrasi pada anak.

Pada Kurikulum berkuda di sekolah alam tangerang mekar bakti misalnya, sebelum anak bisa mengendarai kuda, anak harus terlebih dulu ‘menaklukan’ kuda tunggangannya. Sehingga dengan ini menuntut anak untuk belajar berempati, memimpin dan mengontrol pikirannya sendiri.

” Berkuda juga bisa menunjukkan serta mengajarkan anak untuk mempersiapkan diri, dan mengumpulkan keberanian untuk bersaing. Anak akan belajar mengambil risiko, menikmati penghargaan, dan mengatasi kekecewaan,” ujar Ann Swinker, Ph.D., seorang profesor bidang studi Animal Science di Penn State University, Amerika Serikat.

Swinker pun mengungkapkan penelitian yang dilakukan tim dari American Youth Horse Council. Dari penelitian diketahui, anak-anak yang belajar berkuda memiliki keterampilan hidup yang lebih baik. Terutama dalam hal fokus, konsentrasi dan pengambilan keputusan.

Jika anak menyukai binatang terutama kuda, dan mereka bermasalah dalam hal mengumpulkan fokus, konsentrasi, menentukan target serta membuat keputusan, latihan berkuda bisa membantunya. Mental anak akan dilatih untuk menjadi pemimpin dan semua kemampuan tersebut sangat dibutuhkannya,” ungkap Swinker.

Untuk anak-anak balita menunggang kuda juga sangat berdampak positif. Terutama dalam hal mengenalkan binatang dan mendekatkannya dengan alam. Daripada si kecil menghabiskan waktu dengan bermain gadget atau di dalam rumah, berkuda akan jauh lebih baik.

Berlatih berkuda berarti membantu anak untuk membangun karakter positif. Dalam berkuda, anak akan diajarkan bertanggung jawa akan kudanya, merawat, memberi makan, kesabaran dalam latihan, disiplin dan membaca situasi.

“Kuda akan bersikap merespons seperti apa yang dirasakan dari penunggangnya, untuk itu anak juga akan belajar mengontrol emosi dan pikirannya,” ujar Swinker.

Dengan berkuda secara rutin, anak-anak akan menyadari bagaimana pilihan sikap dan perilaku mereka mempengaruhi makhluk hidup lain di sekitarnya. Empati anak pun akan diasah. Jadi saat berkuda, bukan hanya kemampuan fisik saja yang dilatih tapi juga kemampuan psikologis dan pengembangan mentalnya.

Olahraga ini juga bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan ekstra kurikuler untuk anak-anak. Menurut Archery Trade Association, panahan merupakan olahraga yang jauh lebih aman dibanding sepak bola, tenis atau basket.

Selain itu, memanah juga menjadi sarana belajar untuk anak. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari olahraga panahan. Berikut di antaranya:

Terbiasa Disiplin, Meningkatkan Fokus, Melatih Kesabaran, Menumbuhkan Percaya Diri, Menajamkan Kemampuan Sosial, Memperbaiki Kesehatan Fisik

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Futsal turut juga dikenali dengan berbagai nama lain. Istilah "futsal" adalah istilah internasionalnya, berasal dari kata Spanyol atau Portugis, futbol (sepak bola) dan sala (dalam ruangan).

Berikut adalah beberapa manfaat bermain futsal:

Melatih Kreativitas, meningkat Kecepatan Berpikir (Quick Thinking), melatih Kekompakan, menjaga dan Menambah Kebugaran Tubuh, menghilangkan stress

Ekstrakurikuler Robotik adalah kegiatan belajar mengajar robotika yang dilakukan di sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti. Materi belajar robot yang di ajarkan sesuai dengan kebutuhan sekolah maupun perkembangan anak.

Mengapa anak usia dini perlu belajar robot? Sebab manfaat belajar robot untuk anak usia dini adalah: Merangsang rasa ingin tahu anak (curiosity) yang mana ini baik bagi pertumbuhan intelegensinya nanti, Melatih anak untuk mampu berpikir secara sistematis dan terstruktur, Melatih kemampuan motorik halus anak, Merangsang kreativitas, kemampuan berinovasi serta kemampuan problem solving anak, Mengajak anak untuk sejak dini mampu bekerjasama sebagai tim, karena robotik adalah tentang team work, Melatih kesabaran anak mengingat belajar robotik adalah proses trial and error-nya.

Mengingat begitu banyaknya manfaat belajar robot bagi anak usia dini ini maka belajar robotik memang perlu dimulai sejak usia dini. Sebab semakin dini usia anak dalam belajar teknologi maka semakin alami caranya dalam menguasai teknologi.

Back to top