Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti mengembangkan metode belajar dan konsultasi dalam hal pelayanan siswa berkebutuhan khusus dengan mendirikan “Studio Juara”. 

Pada dasarnya siswa berkebutuhan khusus merupakan penghuni Surga yang memiliki fitrah (potensi) dengan keunikan yang beragam dan kekhususan yang relevan, dari perbedaan cara belajar, membutuhkan instruksi yang berbeda dengan siswa pada umumnya, dan lain sebagainya. Ke khususan mereka dapat mencakup bidang sensori, fisik, kognitif, emosi, kemampuan komunikasi atau kombinasinya. Ke khususan bias sangat berbeda dalam penyebab, tingkat ke parahan, dampak bagi kemajuan pendidikan, dan dampak yang berbeda demikian bias tergantung dari usia siswa, jenis kelamin, dan lingkungan hidupnya.

Di sekolah ini, kami menerapkan metode pendekatan inklusi dimana siswa berkebutuhan khusus akan didampingi oleh seorang guru pendamping khusus, namun tetap berinteraksi dengan siswa lainnya di dalam kelas reguler. Kami juga memberikan program “Studio Juara” yang berkesinambungan dan terpadu dalam mengembangkan kemampuan siswa berkebutuhan khusus sehingga menjadi individu yang mandiri. Studio Juara yang biasa disingkat dengan “SuJu” ini, juga memiliki pendekatan metode belajar dengan cara Program IEP (Individual Education Program)yang merupakan program pengajaran individual di mana siswa dapat mengerjakan dengan tepat tugas-tugas dengan waktu yang cukup dan kondisi yang termotivasi (Mercer & Mercer dalam Mangunsong, 2009). Program ini memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar sesuai kebutuhan, kemampuan, kecepatan, dan caranya sendiri, juga agar siswa dapat belajar secara optimal serta bias mencapai tingkat penguasaan bahan pelajaran yang dipelajarinya. IEP lebih menekankan pada pentingnya perhatian, bantuan, dan perilaku khusus kepada siswa secara individual yang berbeda minat dan kebutuhan serta kecepatan belajarnya, apalagi bagi anak dengan kondisi yang sangat bervariasi.

Bagi orang tua siswa yang merasa membutuhkan konsultasi dalam permasalahan anaknya, dapat menggunakan jadwal konsultasi dengan psikolog kami ibuLaila Sari, S.Psi, M.Pd.“Apapun kondisi anak-anak kita Allah telah menitipkan amanah-Nya. Terimalah anak-anak itu dengan ikhlas Ridhoilah bagaimanapun keberadaannya. Semoga anak-anak hebat ini menjadi asbab bagi orangtuanya peroleh keberkahan dan menuju Syurga-Nya. Semangat para Ayah Bunda, kalian orangtua hebat, mari terlibat.” Ilaeducation.

Back to top