Mekar Bakti, Kab Tangerang (24/09) Kelas malam merupakan salah satu program khas Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti. Event yang satu ini memang yang paling dinanti-nanti serta ditunggu-tunggu harinya. Dengan mengikuti kegiatan kelas malam, maka pengembangan sifat kepemimpinan Ananda akan bertambah, serta keberanian menghadapi gelapnya malam pasti diraihnya. Karena kebersamaan yang di jalin dalam kegiatan kelas malam sangat erat dan hangat. Mulai dari kebersamaan dengan kelompok, kebersamaan dengan kelas, serta kebersamaan antar kelas dan guru fasilitatornya.

Manajemen KB-TK Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti mengadakan kegiatan kelas malam pada Kamis, 21 November hingga Jumat pagi 22 November 2019. Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh kelas KB-TK. Dari Playgroup lalu TK-A dan TK-B. Kegiatan dimulai dari ashar berjamaah disekolah diruangan tahsin dan tahfizh SAT MERBAK. Dilanjut dengan kegiatan mendongeng dari MOQU (Mobile Qur’an – PPPA – Daarul Qur’an). Lalu Shalat Maghrib dan Isya berjamaah. Tak lupa juga Snack Time dan Makan Malam Ananda.

Berlanjut kedalam inti kegiatan yakni menonton film dan mencari harta karun. Film yang sudah dipilihkan oleh panitia kelas malam. Dalam NOBAR tersebut disisipkan ilmu Tauhid kepada Ananda mengenai kuasa Allah Subhanahu Wata’ala tentang penciptaan Siang dan Malam bertujuan bahwa semua yang terjadi di alam semesta ini tak luput dari Kuasanya Allah SWT. Dan Pencarian Harta Karun pun dimulai dengan pembagian kelompok sesuai tingkat kelasnya. Ketika kegiatan mencari harta karun, Ananda sangat bersemangat dengan senter yang sudah dibawa dan didampingi oleh guru fasilitator kelasnya masing-masing maka keseruan demi keseruan sangat terasa oleh semuanya.

Kegiatan kelas malam KB-TK SAT MERBAK ditutup oleh penyalaan Api Unggun. Disana Ananda melakukan refleksi kegiatan tentang apa saja yang telah di lakukan pada hari itu dan berdoa dengan hikmat supaya seluruh ilmu yang terkandung dalam kegiatan tersebut bisa meresap dan menjadi berkah dalam kehidupan Ananda. Kelas PG pulang setelah kegiatan MOQU dan Ananda Kelas TK-A pulang setelah kegiatan api unggun. Tersisa Ananda kelas TK-B yang lanjut menginap disekolah. Waktu istirahatpun telah tiba, anak-anak bersiap untuk tidur dan bersih-bersih sebelumnya. Pembacaan doa sebelum tidurpun telah dibacakan, anak-anak tertidur dan dibangunkan di waktu shubuh untuk shalat shubuh berjamaah. Setelah shalat shubuh pelaksanaan senam kelas KB-TK dengan kelas 5-6 SD dilakukan secara bersamaan. Salah seorang guru telah menyiapkan sarapan untuk Ananda, dan selesai dari kegiatan senam, Ananda langsung sarapan dan bersiap-siap untuk pulang, dijemput oleh orangtuanya masing-masing.

Tidak ketinggalan juga, untuk Manajemen SD Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti pun ikut mengadakan kegiatan kelas malam atau mabit di hari yang sama diawali dengan kegiatan shalat ashar. Kegiatan kelas malam Ananda SD dilaksanakan di Masjid Nurul Hidayah Graha Lestari. Peserta kelas malam kali ini adalah Ananda kelas 5-6 SD, dan untuk kelas 1-4 SD telah mengikuti kegiatan kelas malam juga diminggu yang lalu. Adzan maghrib pun berkumandang Ananda SD berbuka puasa bersama dengan para guru fasilitator. Beberapa kegiatan pun seperti shalat berjamaah dan menonton film bersama dilakukan oleh Ananda. Tak kalah serunya dengan Ananda KB-TK, Ananda SD pun banyak melakukan kegiatan yang asyik lagi menyenangkan. Materi pembelajaran yang diberikan oleh guru fasilatator serta himbauan ketika bepergian keluar sekolah telah didapatkan Ananda dengan baik.

Back to top