Parenting at Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti

Sabtu, 25 Januari 2020

Dengan Tema :

KNOWING AND HEALING OF  INNER CHILD : RIDA PERMATA SARI, M. Pd, CH. C.Ht.

“Mengenal Bahasa Cinta, Inner Child dan Efeknya Saat Dewasa serta Terapi Inner Child”

Inner child (luka batin) merupakan emosi yang belum tuntas tersalurkan sehingga berpengaruh terhadap karakter dan sikap seseorang. Inner child bisa berasal dari kesalahan pola asuh atau kemarahan yang belum tuntas sehingga membekas dan menjadi semakin besar tanpa penyelesaian. Agar inner child didalam hati seseorang hilang bisa dilakukan dengan cara hipnoteraphy, dalam cara kerja hipnotherapy seorang hipnoterapi dengan izin klien akan membimbingnya untuk menurunkan gelombang otak dominan daari tingkat beta (pikiran sadar) ketingkat alfa, theta, dan delta (pikiran bawah sadar). Klien akan sangat menerima untuk menerima saran atau pesan apapun untuk perubahan positif. 

Agar hipnoterapi berjalan efektif seseorang harus menerima syarat agar inner child pada dirinya selesai, yaitu adanya (1) Pengakuan; mengenali masalah dan keterbaasan sendiri adalah langkah pertama menuju pemulihan dan penyembuhan diri. (2) Keinginan Bebas; seseorang yang ingin menyembuhkan inner child dengan keinginannya sendiri, ingin menjalani hipnoterapi. (3) Terbuka dan Jujur; siap untuk membuka dan berbagi jujur semua pengalaman dan informasi (4) Percaya dan Kemauan yang Kuat; seseorang yang menjalani hipnoterapi harus percaya dan memiliki keinginan yang kuat dalam penyelesaian masalahnya.  

Setiap orang mempunyai bahasa kasihnya masing-masing, cara kita memahami dan membahagiakan seseorang kita harus tau bahasa cinta mereka.

5 bahasa kasih/cinta menurut Dr. Gary Chapman

  1. Hadiah ; diberi hadiah apapun adalah bentuk pengakuan betapa pentingnya mereka. Tak berarti harus mahal.
  2. Sentuhan fisik/ pelukan ; sentuhan fisik atau pelukan akan menenangkan hatinya
  3. Waktu luang/waktu berkualitas ; saat dengannya konsentrasi penuh tanpa gadget, tv, buku atau aktivitas lainnya.
  4. Pelayanan/ katakan dengan tindakan ; ada saat dibutuhkan, bertindak untuknya tanpa diminta.
  5. Pujian; senang diberikan pujian, kata-kata manis yang memotivasi

Untuk mencapai kebahagian kita harus mengerti tangki cinta masing-masing setiap personal agar kita dapat memahami bahasa cinta dan membahagiakan sesama.

Mengenal inner child lebih jauh 

  1. Dalam psikologi populer dan Psikologi Analisis inner child atau luka batin dialami sebelum masa pubertas ; oleh karena itu masalah apapun yang terjadi harus diselesaikan ketika menjelang tidur agar tidak terjadi emosi kemarahan yang belum selesai dan pada akhirnya akan menjadi luka batin ketika dewasa. Dengan cara permintaan maaf dan sentuhan kepada anak.ida
  2. Luka batin/inner child tersimpan dibawah alam sadar ; biasanya terjadi pada usia 0-17 tahun.
  3. Dipopulerkan pada 1970 karena dibahas oleh LUCIA CAPACCHIONE ;
  4. John Bradshow (1992) : pengalaman masa lalu yang belum selesai dengan baik akan muncul dimasa depan dalam bentuk perilaku dan emosi negatif yang tak disadari ;

Inner child terbagi menjadi 2 :

  • Inner child negatif 

Dibedakan, diabaikan, dibentak, diperlakukan istimewa, disakiti secara fisik atau verbal, kurang pujian, kurang sentuhan, merasa tidak diperjuangkan, merasa tidak dipentingkan, dianggap tidak berharga, dianggap tidak mampu berjuang, dianggap tidak bisa hidup susah, terlalu canti/jelek/ganteng dll.

  • Inner child positif

Riang, gembira, keingintahuan yang tinggi, dicintai dan mencintai, suka membantu, percaya diri, dll.

Efek inner child dimasa dewasa :

  • Negatif :

Pemarah, pendendam, playing victim, drama queen, pembohong, provokator, pengadu domba, menikah dengan orang yang tak disetujui hanya untuk menarik perhatian orang tua, cari perhatian dengan perilaku negatif, pemalas, tukang hutang, perceraian, selalu gagal, takut sukses, karir mentok dll.

  • Positif 

Bersemangat, bekerja keras inovatif, ceria, empati tinggi, penyayang, tahu apa yang dia mau, tahu bagaimana memperjuangkan keinginannya, dll.

Beberapa fakta mengenai inner child :

pada pola pengabaian ; anak perempuan yang diabaikan akan mencari pasangan yang juga senasib. Feromon pengabaian akan saling membaui dan menemukan.

Anak perempuan dengan pola pengabaian ; punya cita-cita menjadi sukses, pemimpin, selalu ingin mengatur, ingin jadi ratu dipernikahannya

Anak lelaki dengan pengabaian ; anak lelaki dengan pengabaian memimpikan menjadi raja dipernikannya, berjanji akan melindungi anak dan istri, berbuat apapun untuk kebahagian istri dan anak, setia, sangat khawatir pada anak dan ustrinya, penyayang, bisa menjadi sukses atau tidak. 

Inner child yang terluka sama halnya dengan cinta bertepuk sebelah tangan ; cinta yang membusuk. Solusinya hanya terapi memaafkan orang tua atau siapapun yang menyebabkan inner child kita terluka sebelum masa pubertas. Inner child yang terluka bisa membuat sukses seseorang tapi dalam keadaan istidraj, bisa juga menjadikan seorang sampah masyarakat.

4 cara terapi  inner child :

  1. Akui
  2. Terima
  3. Ijinkan
  4. Lepaskan karna Allah

 

العقل السليم في الجسم السليم ..

“Pikiran yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat” 

Mari kita bahagiaaaaa.... 

Back to top